Awalnya Pengurus Nahdlatul Ulama Kab. Badung ingin mewujudkan cita citanya membangun sekretariat NU sebagai tempat berkumpulnya pengurus untuk membahas progam program  kerjanya, dengan adanya silaturahmi para ulama dan tokok-tokoh NU yang ada di Jawa dan Madura menyarankan agar supaya didirikan sebua lembaga pendidikan formal, kalau hanya di gunakan sebagai sekretariat saja kurang bermanfaat akan tetapi kalau di gunakan sebuah pendidikan  akan lebih bermanfat dan adanya kegiatan setiap hari.

berangkat dari hasil silaturahmi H. Abdul Azis.S. Pd. I selaku Ketua Tanfizdiyah NU Kab. Badung dan Sulaimi.S. Pd. I sebagai Sekretaris segera mengadakan rapat dengan pengurus inti pada tanggal 23 Maret 2009 dan menyepakati untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah Al – Ma’arif NU Kab. Badung dan di kuatkan fakta kondisi pada saat itu di wilayah Kab. Badung belum ada Pendidikan tingkat madrasah tsanawiyah dan masi banyak pula anak anak yang putus sekolah, anak anak yang lulus dari madrsah ibtidaiyah tidak bisa melanjutkan ke tingkat madrasah tsanawiyah maka semakin bulat tekad untuk mendirikan pendidkan tingkat madrasah tsanawiyah, berawal dari murid Sembilan (9) dan tenaga pendidik 12 orang maka pada tahun pelajaran baru bulan Juli tahun 2009 Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif mulai aktif melakukan  kegiatan belajar mengajar.

Pada awalnya memang madrasah di anggap Masyarakat hanya belajar agama saja tanpa ada pendidikan umum, pandangan semacam ini bisa di maklumi mengingat nama madrasah belum terlalu akrab di masyarakat umum termansuk di masyaarakat muslim itu sendiri. Namun dengan berjalanannya waktu Madrasah Tsanawiyah Al-Maarif Badung ternyata mendapat sambutan yang positif dari masyarakat, melihat  dari jumlah peserta didik dari tahun ke tahun terus meningkat awalnya hanya 9 murid pada angkatan kedua tahun pelajaran 2010-2011 yang mendaftar 30 murid yaitu satu kelas, yang semula sekolah hanya satu kelas, akhirnya kita tambah lokal kelas menjadi dua kelas. Untuk sementara tempat belajar berada di tanah kontrak 10 tahun dengan luas 500 m, karena belum mempunyai tanah sendiri.

Madrasah Tsanawiya Al-Ma’arif Badung di dibawah langsung Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kab. Badung Bali. pada tahun 2011 Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Badung mendapat ijin Oprasional dari Kementrian Agama Kab. Badung berdasarkan surat keputusan Kepala kementerian Agama Kabupaten badung Nomor. 78 Tahun 2011 dan Piagam Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nomor Kd. 18.08/3/PP.00.4/390/2011 tertanggal Mangupura, 01 Juni 2011.

Pada tahun  2014 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’arif melakukan akreditasi dengan memperoleh nilai B, hal ini berdasarkan Keputusan Ketua Badan Kareditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Bali dengan Nomor. 252/BAP-SM/LL/IX/2014.

GEDUNG TH 2009
SISWA SISWI MTS AL MAARIF TH 2009